Monday, August 13, 2007

Biografi Singkat Al-Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah

Al-Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah
Oleh: Al-Ustadz Zainul Arifin


Nasab dan Kelahiran Beliau
Beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Abi Bakr bin Ayyub bin Sa’d bin Hariz Az-Zar’i-nisbah kepada negeri Azra’ Ad-Dimasyqi, syamsudin (matahari agama ini), mujtahid mutlak, seorang yang faqih, ahli ushul, ahli tafsir, ulama nahwu, ahli bahasa, seorang yang arif, yang lebih dikenal dengan Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah. Beliau dilahirkan pada tahun 691 H. Dahulu ayahanda beliau adalah pengurus pimpinan madrasah Al-Jauziyah, maka beliaupun dinisbahkan kepadanya sehingga masyhur dengan itu.
Guru-Guru Beliau
Di antaranya adalah Abu Bakr bin Abdi Ad-Da’im, Al-Qadhi Sulaiman, Taqiyyudin ‘Isa Al-Muth’im, Isma’il bin Maktum, Fathimah bintu Jauhar, Asy-Shihab An-Nabulsi dan Al-Hafidz Taqiyyudin Ibnu Taimiyyah dan beliaulah guru beliau yang paling menonjol yang telah memberikan pengaruh yang besar pada diri Ibnu Qoyyim. Di atas manhajnyalah beliau berjalan, dan beliau sangat setia kepada gurunya ini, baik ketika hidup maupun setelah wafatnya. Beliau rela disiksa berkali-kali karena sebab gurunya ini, rela dipenjara bersamanya. Dan tidaklah beliau dibebaskan dari penjara tersebut kecuali setelah wafatnya Ibnu Taimiyyah. Dan beliau sangat memuliakan gurunya tersebut dengan segenap penghormatan yang tinggi.
Murid-Murid Beliau
Murid beliau tidak terhitung banyaknya. Yang paling masyhur adalah Al-Hafidz Ibnu Katsir, pengarang Al-Bidayah wan Nihayah dan Tafsir, sekaligus teman beliau menimba ilmu kepada Al-Hafidz Abdurrahman Ibnu Taimiyyah. Yang lainnya adalah Al-Hafidz Abdurrahman Ibnu Rajab Al-Hambali, Ibnu Abdul Hadi serta Ibnu Abdul Qadir An-Nabulsi. Mereka inilah para pengemban manhaj beliau, penyebar ilmu beliau dan menempuh jalan yang beliAu tempuh dalam kehidupan beliau dan setelah wafat beliau.
Pujian Para Ulama
Ibnu Rajab Al-Hambali rahimahullah berkata: “Beliau adalah pakar di bidang tafsir nan tiada tanding. Demikian pula di bidang ilmu ushuluddin. Pada diri beliau puncak pengetahuan kedua disiplin ilmu tersebut. Begitu juga bidang hadist, meliputi makna berikut pemahamannya, beliau paling teliti dalam menarik satu hukum dari sebuah hadist, dalam belum pernah ada yang menyamainya dalam hal itu. Dalam hal fiqh, ushul dan bahasa Arab, beliau memiliki buah karya yang luar biasa banyaknya. Demikian halnya di bidang ilmu mantiq dan sebagainya. Beliau adalah orang yang sangat dalam pengetahuannya tentang ilmu akhlaq, tentang kalam ahli tasawuf, isyarat-isyarat mereka, serta berbagai kesamaran dan ketidakjelasan dari mereka. Tak luput, beliaupun memiliki hasil karya yang sangat banyak di segala bidang ilmu-ilmu tersebut.”
Al-Imam Adz Dzahabi rahimahullah mengatakan dalam Al-Mukhtashar: “Beliau sangat perhatian terhadap hadist, matan berikut perawi-perawinya. Dan beliau memiliki penjelasan yang sangat bagus, sangat terlatih di bidang nahwu dan dasar dari kedua ilmu tersebut. Sungguh beliau telah dipenjara sekian lama karena mengingkari orang-orang yang menempuh perjalanan menuju kuburan Al-Khalil (Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam). Hari-hari beliau dipenuhi berbagai kesibukan dan penyebaran ilmu.”
Al-Qadhi Burhanuddin Az-Zar’i rahimahullah berkata: “Tidak ada seorangpun di bawah langit ini (di masanya-red) yang lebih luas ilmunya dari pada beliau.”
Ibnu Hajar rahimahullah berkata: “Beliau seorang pemberani, luas ilmunya, paling mengerti tentang perselisihan dan pendapat-pendapat salaf.”
Ibadah dan Kezuhudan Beliau
Al-Qadhi Burhanuddin Az-Zar’i rahimahullah berkata: “Beliau sangat sering berhaji. Dan penduduk Makkah menyebut ibadah beliau yang luar biasa dan banyaknya thawaf beliau sebagai sesuatu yang sangat menakjubkan dari diri beliau.”
Ibnu Rajab rahimahullah berkata: “Beliau melaksanakan ibadah, tahajjud, shalat yang sangat panjang sampai pada batas maksimal, senantiasa berdzikir, tenggelam dalam kecintaan, taubat, menghinakan diri, dan luluh lantak di hadapan Allah. Aku belum pernah melihat seseorang yang seperti beliau dalam hal itu. Belum pernah pula menyaksikan orang yang lebih luas ilmunya daripadanya. Tidak pula aku ketahui orang yang paling mengerti tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah dan hakekat-hakekat iman selain beliau. Tidak berarti bahwa beliau itu ma’shum, tapi aku belum pernah melihat yang semisal beliau dalam arti yang demikian.”
Karya-Karya Beliau
Hasil karya beliau hampir mencapai seratus buah dalam berbagai bidang ilmu. Dan itu merupakan bukti yang cukup tentang ilmu dan kesungguhan beliau. Diantara karya beliau adalah kitab I’lamul Muwaqqi’in, membahas tentang fiqh, ushulnya dan tujuan-tujuan syari’ah. Yang kedua adalah kitab Ash-Shawa’iqul Mursalah membahas ilmu ushuluddin. Kedua kitab tersebut bisa menjadi cermin bagi kitab-kitab beliau yang lainnya.
Wafat Beliau
Beliau wafat pada malam Kamis, 13 Rajab 752 H, dan dishalatkan keesokan harinya selepas dzuhur di Jami’ Jaraah. Pemakaman beliau di pekuburan Al-Bab Ash-Shaghir dihadiri jutaan umat, dan beliau ditampakkan dalam mimpi baik yang sangat banyak. Dunia Islam pun kehilangan tokoh yang sangat alim, yang menyertai umat ini dalam suka dan duka, yang mengemban amanah serta menunaikannya. Semoga Allah merahmati beliau, melimpahkan pahala-Nya yang besar kepada beliau di kedua negeri (dunia dan akhirat). Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa.
(Diringkas dari Al-Fawa’id, hal. 3 – 6 dan Ighatsatul Lahafan, hal. 3 – 4)
Sumber: Majalah Asy-Syari’ah Vol.II/No.20/1426 H/2005, hal. 68 – 69.

No comments: